Aturan Terbaru Sepak Bola : Uji Coba 2021

Aturan terbaru sepak bola

Saat melakukan pertandingan sepak bola, ada aturan yang wajib ditaati oleh para pemain. Aturan tersebut diberlakukan demi kelancaran permainan secara adil. Peraturan sepak bola pun sudah tak asing lagi dan banyak yang mengetahui. Namun, tahu kah bahwa ada aturan terbaru sepak bola yang akan di uji coba di tahun 2021 ini?

Badan pembuat aturan sepak bola dunia (IFAB) kembali akan menerapkan regulasi baru pada tahun 2021. Namun, sebelum melangkah lebih jauh, mari untuk mengenali dulu apa saja aturan-aturan lama yang berlaku dalam dunia sepak bola dunia.

Peraturan Lama Sepak Bola

Ada beragam peraturan sepak bola yang telah dibuat sebelumnya, mulai dari ukuran lapangan, gawang, bola, jumlah pemain, sampai pada pakaian yang harus dikenakan oleh para pemain. Jika satu saja peraturan yang tidak sesuai, maka konsekuensinya akan berdampak pada kelangsungan pertandingan. Bahkan pada para pemain, mari kita simak aturan secara ringkas:

  • Ukuran Lapangan

Ukuran lapangan memiliki aturan tersendiri yakni 100-110 Meter panjang lapangan, 64-75M lebar lapangan, 9,15M jari lingkaran tengah, 40,39×16,5M daerah pinalti. Serta 11 Meter jarak titik penalti dari garis gawang

  • Bola

Bentuk bola juga diatur sedemikian rupa, bentuk bola harus bulat berbahan kulit dengan berat 396-453g dan keliling lingkaran 68-71CM. Warna bola tidak harus hitam putih, melainkan bebas mengikuti merk yang ada.

  • Jumlah Pemain

Ada 2 tim yang masing-masing beranggotakan 11 orang. Jika terdapat 7 atau 4 pemain dalam sebuah tim terkena kartu merah. Maka otomatis pemain tersebut keluar dan dinyatakan kalah dalam pertandingan.

  • Waktu permainan

Waktu permainan sepak bola diatur selama 90 menit dengan 2 babak. Setiap babak memiliki waktu 45 menit dengan waktu istirahat kurang lebih 15 menit. Jika terjadi pertimbangan lain, biasanya akan ada pertambahan waktu tertentu.

  • Peraturan Kaos

Seperti yang dikatakan tadi, masalah kaos pun turut diatur, penggunaan jersey tidak boleh menggunakan satu warna, setiap tim wajib mempunyai dua warna berbeda dan tidak sama dengan tim lawan. Kaos kaki dan sarung tangan juga harus berbahan khusus guna melindungi cedera yang tak diinginkan.

  • Peraturan Pelanggaran

Pelanggaran terjadi saat adanya tackle keras, handball, mendorong dan menarik dengan sengaja serta berbagai pelanggaran lainnya di lapangan. Ketika hal tersebut terjadi, wasit akan mengeluarkan 2 macam kartu, yakni merah dan kuning.

Pemain yang mendapat kartu kuning berarti telah mendapat peringatan keras dari wasit, dan jika dua kali kartu kuning maka pemain tersebut akan keluar dari pertandingan. Beda halnya jika pemain dapat kartu merah, maka ia langsung akan dikeluarkan dari pertandingan.

Peraturan Baru Uji Coba 2021

Ada beberapa aturan terbaru sepak bola yang diuji cobakan di tahun 2021, yakni IFAB memberlakukan pergantian pemain ekstra terhadap tim yang pemainnya mengalami gegar otak. Hal ini dilakukan lantaran beberapa waktu belakangan di liga-liga eropa terjadi cedera kepala yang menimpa banyak pemain.

Peraturan ini pun sempat menyita perhatian publik lantaran aturan ini sudah lama dinantikan oleh para pemain yang kesulitan dengan aturan sebelumnya. Dengan ini, setiap tim tidak perlu khawatir lagi jika ternyata ada pemainnya yang mengalami cedera di bagian kepala, tim diperbolehkan untuk melakukan pergantian ekstra demi keselamatan pemain.

Selain itu, IFAB juga memperpanjang penerapan aturan pergantian lima pemain dalam satu laga. Liga domestik masih bisa menggunakannya hingga akhir desember 2021. Dengan usulan perpanjangan untuk pertandingan internasional sampai pada bulan juli 2022. Aturan lain mengenai handball akan didiskusikan pada Rapat Tahunan IFAB di Maret 2021 nanti.

Demikianlah pembahasan tentang aturan terbaru sepak bola saat ini, semoga dengan membacanya para pemain sepak bola dan juga para penonton setia sepak bola bisa memahami dengan baik apa saja aturan yang berlaku hari ini dan juga kedepannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *