5 Daftar Pemain Bola Indonesia yang Bermain di Eropa, Bahkan di Liga Utama

Pemain Bola Indonesia yang Bermain di Eropa

Talenta Indonesia dalam sepak bola memang sudah tidak diragukan lagi. Beberapa pemain Indonesia bahkan telah sampai hingga level Eropa. Bagus Kahfi menjadi yang terbaru setelah beberapa waktu mengalami proses cukup panjang dalam kepindahannya ke FC Utrecht. Bagus bukan yang pertama, telah ada 5 pemain bola indonesia yang bermain di eropa. Siapa saja? Berikut ulasannya.

1. Egy Maulana

Egy Maulana Vikri, tentu saja masuk dalam daftar ini. Pemain ini menjadi yang paling banyak menyita perhatian masyarakat dan netizen di Indonesia. Pemain kelahiran Medan ini, berposisi sebagai Attacking Midfielder. Egy memulai karir seniornya di klub liga utama Polandia, Lechia Gdańsk pada musimy 2018/19 di usia 18 tahun.

Pada awalnya, Egy belum mampu masuk dalam skuad utama tim Polandia ini. Musim 2020/21 barulah Egy mulai mendapat menit bermain lebih banyak. Sepanjang musim ini, Egy telah bermain 5 pertandingan bersama Lechia Gdańsk. Kontraknya akan habis pada transfer musim panas tahun ini.

2. Ezra Walian

Pemain bernama lengkap Ezra Harm Ruud Walian ini tercatat pernah menjadi salah satu 5 pemain bola indonesia yang bermain di eropa. Lahir di Amsterdam, Belanda, pemain kelahiran 1997 ini, memulai karirnya di negeri kincir angin tersebut. Ezra Walian tercatat pernah membela klub junior ternama, seperti Ajax Amsterdam.

Di Ajax Amsterdam junior, Ezra pernah merasakan memenangkan Dutch U17 Champion dan Dutch U19 Champion di tahun 2014, 2015, 2016. Ezra kemudian bergabung ke Almere City pada musim 2017/18, dan sempat dipinjamkan ke RKC Waalwijk. Ezra akhirnya kembali ke Indonesia dengan memperkuat PSM Makassar pada musim 2019/20.

3. Arthur Irawan

Pemain kelahiran Surabaya, 3 Maret 1997, kini berusia 27 tahun. Arthur berposisi sebagai Bek kanan kini memperkuat PS Sleman. Pada masa awal karirnya, pemain ini tercatat pernah berkiprah di Spanyol dan Belgia. Memulai karir dari RCD Espanyol B pada musim 2011 hingga 2013, Arthur akhirnya bergabung dengan Malaga U19.

Setelah berkiprah di Spanyol, Arthur akhirnya pindah ke Belgia. Arthur bergabung dengan Waasland-Beveren. Namun sayang, hanya bermain 1 pertandingan, Arthur kembali ke Indonesia dan bergabung dengan Persija Jakarta pada musim 2016/17.

4. Stefano Lilipaly

Lilipaly, pemain kelahiran 10 Januari 1990 di Arnhem, Belanda ini menjadi daftar selanjutnya. Pemain yang berposisi sebagai penyerang ini memulai karir sepakbolanya di Belanda. Sejumlah klub Belanda mulai dari DCG Yth, AZ Alkmaar, hingga akhirnya berhasil menembus skuad FC Utrecht Youth pada musim 2019/10. Musim 2013/14, Lilipaly pindah ke Almere City.

Lilipaly tercatat pernah membela timnas Belanda U-15 sampai U-18. Kecintaannya dengan Indonesia, akhirnya membuat Lilipaly lebih memilih timnas Indonesia. Lilipaly memulai karirnya di Indonesia pada musim 2014/15 dengan Persija Jakarta. Kini ia Membela Bali United setelah sebelumnya, membela Telstar dan SC Cambuur, tim kasta kedua liga Belanda musim 2015 hingga 2017.

5. Witan Sulaeman

Penyerang andalan timnas U 19 pada tahun 2017 ini masuk dalam daftar selanjutnya. Witan lahir pada 8 Oktober 2001 di Palu, Sulawesi Tengah. Di level timnas U19, Witan berhasil mencetak 9 gol dari 13 pertandingan. Torehan ini menarik perhatian FK Radnik Surdulica, klub asal Serbia yang berkompetisi di Liga Super Serbia, kasta tertinggi liga Serbia.

Usia yang masih sangat muda, menunda kepindahannya ke klub eropa tersebut. Witan akhirnya merasakan bermain di kompetisi nasional bersama PSIM Yogyakarta. Setelah usianya mencapai 18 tahun, Witan baru dapat terbang ke Eropa. 10 Februari 2020, Witan akhirnya resmi menandatangani kontrak dengan FK Radnik Surdulica hingga 2023.

Demikianlah ulasan mengenai 5 daftar pemain bola indonesia yang bermain di Eropa. Sebenarnya cukup banyak pemain-pemain muda yang berkiprah di Eropa.

Pemain-pemain tersebut memang masih dibilang belum mampu memukau dunia sepak bola Eropa. Namun, pencapaiannya ke tingkat Eropa menjadi satu kebanggaan yang akan memotivasi talenta muda Indonesia lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *